UJIAN
TENGAH SEMESTER GENAP
SMK
TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO
TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014
Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia Alokasi Waktu : 90 Menit
Kelas : XI / Semua Program Keahlian Jumlah Soal : 1. 10 Soal Essay Pendek (PD)
Penyusun : Tim Bahasa Indonesia 2. 5 Soal Essay Panjang (PJ)
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
TINGKAT KESULITAN
|
JENIS SOAL
|
NO. SOAL
|
|
PD
|
PJ
|
||||||
1.
|
2.8 Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra
bicara dalam konteks bekerja.
|
Membuat ungkapan pembuka lewat telepon .
|
Siswa dapat menggunakan kata atau ungkapan dalam memulai atau mengakhiri
pembicaraan secara tepat dan efektif.
|
Sedang
|
V
|
|
1
A
|
Membuat ungkapan untuk mengakhiri
pembicaraan yang termasuk ke dalam ungkapan perpisahan serta harapan.
|
Sedang
|
V
|
|
2
A
|
|||
Membuat percakapan singkat dengan memperhatikan
pola gilir.
|
Siswa dapat menerapkan pola gilir percakapan
secara aktif untuk mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan
penghargaan.
|
Sulit
|
|
V
|
1
B
|
||
Memahami kalimat yang diungkapkan sesuai dengan
ilustrasi.
|
Siswa dapat mengalihkan topik pembicaraan
(topic switching) secara halus dengan
menggunakan ungkapan yang tepat.
|
Mudah
|
V
|
|
3
A
|
||
Membuat percakapan yang mengungkapkan
perbedaan pendapat tanpa menimbulkan konflik.
|
Siswa dapat menyatakan pendapat yang
berbeda tanpa menimbulkan konflik secara halus dan santun.
|
Sulit
|
|
V
|
2
B
|
||
2.
|
2.9 Berdiskusi yang bermakna dalam konteks
bekerja.
|
Membuat gagasan sesuai dengan topik
diskusi.
|
Siswa dapat menyampaikan gagasan yang
tepat dengan topik diskusi.
|
Sulit
|
|
V
|
3
B
|
Hal yang harus diperhatikan dalam
menyampaikan pendapat.
|
Sedang
|
|
V
|
4
B
|
|||
Memahami kalimat yang diungkapkan sesuai
dengan ilustrasi.
|
Siswa dapat menyampaikan argumentasi
terhadap topik diskusi yang dibicarakan.
|
Mudah
|
V
|
|
4
A
|
||
Sifat dalam berargumentasi dalam diskusi.
|
Siswa dapat menghargai mitra bicara yang
menyampaikan argumen terhadap topik diskusi.
|
Mudah
|
V
|
|
5
A
|
||
Sikap kita ketika ada mitra bicara yang
menyampaikan argumen terhadap topik diskusi.
|
Mudah
|
V
|
|
6
A
|
|||
Membuat ungkapan kalimat simpulan yang
baik saat diskusi akan berakhir.
|
Siswa dapat menyusun simpulan berdasarkan
fakta dan opini dengan tepat.
|
Sedang
|
V
|
|
7
A
|
||
3.
|
2.10 Bernegosiasi yang menghasilkan dalam
konteks bekerja.
|
Membuat contoh penyampaian gagasan dengan
taktik mengulang.
|
Siswa dapat mengemukakan gagasan,
pendapat, atau komentar dalam kalimat yang menarik dan santun dengan
memperhatikan butir-butir yang akan dibahas.
|
Sedang
|
V
|
|
8A
|
Memahami ungkapan menyampaikan gagasan
dalam bernegosiasi sesuai dengan ilustrasi.
|
Mudah
|
V
|
|
9
A
|
|||
Memahami pernyataan sesuai dengan
ilustrasi tentang sanggahan.
|
Siswa dapat menyanggah pendapat orang lain
dalam kalimat yang santun dengan tetap menghargai pendapat mitra bicara.
|
Mudah
|
V
|
|
10
A
|
||
Membuat contoh percakapan untuk meyakinkan
mitra bicara.
|
Siswa dapat meyakinkan mitra bicara untuk
menyetujui pendapat pembicaraan dengan sikap dan kalimat yang cermat serta
argumentasi yang rasional.
|
Sulit
|
|
V
|
5
B
|
Wonosobo,
1 April 2014
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran / Penyusun
Lilik Sri
Hidayati, SE Tim
Bahasa Indonesia
No comments:
Post a Comment